18 April 2020 Aturan Imei Akan berlaku,Cek Ponsel Kamu sekarang

Cek IMEI
Cek IMEI Ponsel kamu di - Situs kementrian Perindustrian ( Kemenperin ) https://imei.kemenperin.go.id/

faisallintang.com - Pemerintah Indonesia melalui tiga kementriannya yaitu , Kementrian perindustrian ( Kemenperin ) , kementrian Perdagangan ( Kemendang ) dan kementrian Komunikasi dan Informatika ( Kemenkoinfo ), di ketahui telah memberlakukan International Mobile Equipment Identity ( IMEI ) .


IMEI yang merupakan nomor indentitas internasional yang terdiri dari 15 Digit angka .

Memang peraturan ini di buat oleh pemerintah bertujuan untuk mencegah perangkat telkomunikasi ilegal Alias ( Black Market ) .

Melalui Direktorat pengawasan barang beredar dan jasa Kementrian perdagangan ( Kemendag ) , Ojok Simon Manurung mengatakan bahwa aturan Soal IMEI akan berlaku pada 18 April 2020 yang akan datang .

Maka dengan berlakunya aturan tersebut , Untuk Setiap perangkat yang di kenakan berupa ( Smartphone ) , Laptop , Komputer , Tablet wajib memiliki Nomor IMEI yang terdaftar dalam data base Kemendag , kemenperin dan  turut pula harus di verivikasi oleh Kemenkominfo .

Jika perangkat tersebut tidak terdaftar , Maka perangkat itu tidak akan bisa di gunakan , Dan tidak hanya itu saja , kartu sim yang di gunakan juga akan ikut terblokir .

" Sampai tanggal 18 April 2020 , Handphone Resmi maupun yang tidak resmi , BM ( Black Market ) , Masih bisa di gunakan ,

Tapi nanti setelah 18 April 2020 maka perangkat tersebut sudah tidak bisa lagi digunakan jika nomor IMEI perangkat tersebut tidak di daftarkan ," Kata Ojok lagi saat Sosialisai Aturan IMEI di ITC Roxy , Jakarta Pusat Selasa ( 26/11/2019 ) .

Maka dari itu , Untuk bersiap menghadapi aturan tersebut , bagi kamu yang ingin mengecek IMEI perangkat kamu di ponsel , Maka kamu bisa melakukan dengan cara , Dial panggilan ke *#06# .

Selanjutnya akan muncul 15 Digit nomor IMEI pada perangkat kamu , Setelah itu kamu Bisa mencatat No tersebut atau melakukan Tangkapan layar untuk menyimpan No IMEI tersebut .

Kemudian kamu bisa masukkan 15 angka kode ke situs https:imei.kemenperin.go.id/ , dan menekan tanda 'simpan' yang akan muncul setelahnya .

Nantinya informasi terkait IMEI akan muncul di layar dan akan terdapat informasi status mengenai sudah terdaftar apa tidaknya IMEI di perangkat kamu di Data Base Kemendag  RI .

Sedangkan kepala Standar Kualitas dan layanan Kemenkoinfo Dimas Yanuarsyah mengatakan , kini pihaknya sedang menyiapkan Sinkronisasi data operator dengan sistem IMEI untuk pemblokiran ponsel BM .

" Ya kami akan melakukan pemblokiran yang akan kami lakukan adalah pemblokiran yang akan di lakukan oleh Operator seluler yang memang di minta oleh kemkominfo .

Nantinya Perangkat yang terdadapat IMEI nya , Akan mendapatkan Layanan tapi yang tidak ilegal , " Ucap Dimas .

Memang aturan yang terkait dengan IMEI pun telah di Tuangkan dalam peraturan tiga menteri terkait , Dan salah satunya adalah peraturan menteri kominfo nomor 11 tahun 2019 tentang cara dan tata kelola IMEI di indonesia .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel