10 Cara memotret dengan kamera Ponsel agar hasilnya Bagus

Lensa

faisallintang.com - Anda hobi mengabadikan moment kebersamaan dengan Pacar, Teman, Keluarga, Tapi anda tidak mempunyai kamera yang bagus, Tenang anda trik dan cara mudah memotret dengan Kamera Ponsel Android anda, Agar hasilnya tidak kalah dengan kamera Profesional Sekalipun .


Memang untuk menghasilkan foto yang baik setidaknya anda perlu mempelajari tehnik fotografi, Baik di Kamera Profesional maupun di kamera Hp Android anda, Bagaimana cara mengambil sudut yang baik, Maupun Cara anda mengambil gambar, Pada suatu objek yang anda tuju.

Walaupun anda mempunyai peralatan yang minim, Tapi kalau anda pandai tehniknya, Maka foto yang di hasilkan pasti akan terlihat bagus, Bahkan banyak orang, Hanya mengandalkan Kamera Di Smartphonenya saja terlihat bagus.

Nah, Maka dari itu, Untuk menghasilkan sebuah jepretan terbaik seperti fotografer handal, Maka anda bisa mengikuti trik dan cara berikut ini, Cara ini sangat mudah dan gampang, Anda hanya tinggal memperaktekan cara ini di rumah nantinya.

Metode ini kita hanya memerlukan satu buah alat saja, Yaitu Smartphone yang kamu pakai sehari-hari, Baik itu Android, Iphone dan sejenisnya.

Dengan cara ini, Anda bisa menigkatkan kemampuan anda dalam memotret hanya dengan mengunakan Smartphoe anda, Untuk lebih jelasnya mari kita ulas Tips dan Tehnik memotret dengan Kamera Hp berikut ini.

1 . Bersihkan Lensa Pada Kamera Smartphone



Dalam hal ini, Yang pertama yang wajib anda lakukan ialah : Membersihkan lensa Kamera pada Smartphone anda, Kenapa wajib di bersihkan?.

Karena rutinnya kita memakai Ponsel tersebut, Tampa kita sadari pasti akan banyak debu yang menepel pada Smartphone kamu tersebut, Terutama pada bagian yang tidak terjangkau/Terlihat, Seperti pada Lensa Kamera.

Selain debu, Noda-noda seperti tetasan keringat, Bercak jari tangan anda atau yang lainnya, Banyak menempel pada kaca lensa Smartphone anda, Maka kita wajib membersihkan Lensa kamera tersebut, Agar gambar yang di hasilkan tidak buram.

Untuk mengatasinya, Kamu bisa mengunakan tisu bersih untuk membersihkan Lensa Kamera Smartpnone anda, Hal ini berguna agar hasil dari jepretan kamu nantinya terlihat bersih dan bening.

2 . Cari tempat yang mempunyai pencahayaan yang baik


Cahaya

Fotografer Profesional pada umumnya sudah mempunyai Ligthting yang baik, Bahkan mereka sudah mempunyai Studio sendiri dalam menangani pencahayan dalam sesi pemotretan.

Tapi bagaimana dengan kita, Yang hanya mengandalkan Kamera Smartphone untuk mengambil gambar tersebut, Solusinya ialah.

Anda harus mencari tempat yang mempunyai pencahayan yang cukup, Misalnya Ambil foto dekat jendela, Dekat pintu, Kalau pun anda di dalam ruangan, Pastikan lampu utama di ruangan tersebut hidup.

Hal ini berguna agar gambar yang di hasilkan tidak menghasilkan Noise yang terlalu banyak, Atau kalau mau lebih bagus, Ambil foto di ruang terbuka, Seperti di bawah pohon rindang, Pematang Sawah dan tempat menarik lainnya.

Pasti gambar yang kamu hasilkan akan terlihat lebih baik dari pada anda berada di dalam ruangan, Karena pencahayaan di luar ruangan umumnya lebih baik, Jika anda tidak memiliki alat Lighting yang memadai.

3 . Gunakan Tripod


tripot

Apabila anda mengambil Objek foto langsung dengan Kamera Hp, Pasti anda pernahkan mendapati hasil gambar yang kurang bagus, Seperti gambar terpotong, atau miring dan lainnya.

Hal ini di sebabkan dari tangan anda, Yang mana kamera yang anda gunakan menjadi tidak stabil, Alias Goyang-goyang, Kalau ini terjadi, Maka gambar yang di hasilkan pasti tidak akan bagus.

Oleh sebab itu, Jika anda rasa anda kurang mampu dalam mengatasi hal ini, Anda bisa mengakalinya dengan mengunakan sebuah alat bantu yang bernama tripod.

Untuk mengambil jepretan yang baik, Paling tidak anda harus mengunakan alat bantu tersebut, Kegunaan Tripod ini bisa meminimalisir hal tersebut, Karena tripod bisa membantu anda untuk membuat kamera Smartphone anda menjadi Stabil.

Kalau bisa, Pilihlah Tripod yang sudah mempunyai koneksi Bluetooth, Agar lebih mudah dalam pengunaanya.

4 . Medekati Objek Foto, Jangan di Zoom


Zomm

Salah satu kesalahan yang sering di lakukan orang dalam mengambil sebuah objek foto ialah Menzoom objek tersebut, Sebenarnya mengunakan tehnik Zoom dalam mengambil objek yang jauh boleh-boleh saja anda lakukan.

Tapi yakinlah, Denngan cara ini maka hasil yang di dapatkan tidak akan pernah bagus, Kecuali anda mengunakan Kamera Smartphone yang baik, Tapi umumnya Smartphone yang sudah mempunyai Kualitas itu, Dihargai dengan harga yang cukup mahal.

Maka dari itu, Untuk menghasilkan gambar yang baik, Dari Objek yang anda tuju ialah, Caranya anda harus mendekati objek tersebut untuk mendapatkan hasil yang bagus. Usahakan sedekat mungkin dengan Objek tersebut.

Sehingga anda dan objek tersebut tidak terlalu jauh, sehingga anda tidak perlu mengunakan tehnik Zoom, Yakinlah gambar yang di hasilkan akan jauh lebih baik dari pada anda mengunakan Tehnik Zoom.

5 . Cari posisi memotret yang pas


memotret

Salah satu hasil gambar yang baik ialah posisi dari pengambilan gambar tersebut, Kalau anda melakukan dalam posisi yang tepat, Apapun Objek yang anda ambil akan terlihat bagus, Selain kamera Smartphone yang bagus, Posisi yang tepat juga sangat mempengaruhi kualitas gambar .

Anda bisa mencoba berbagai sudut untuk menghasilkan mana yang terbaik, Karena dengan anda mengambil posisi yang berbeda, Maka anda akan tau di mana posisi yang pas untuk menghsilkan gambar yang lebih bagus

6 . Memanfaatkan High Resolution


kamera

Sebenarnya fitur yang ada di Kamera Ponsel saat ini tidak kalah dengan fitur yang ada pada kamera Profesional, Kalau bisa di bilang, Beti atau beda tipis, Apa lagi anda mengunakan Smartphone Flangship yang umumnya sudah mendukung berbagai macam ukuran pada lensa kameranya.

Maka dari itu, Untuk menghasilkan gambar yang baik, Anda bisa melakukan pengaturan pada Kamera Smartphone anda, Anda bisa mengunakan Resolusi yang paling tinggi sebelum anda memotret sebuah objek yang anda tuju.

Namun kekurangan dalam mengunakan Resolusi ini ialah, hasil gambar yang di hasilkan akan mempunyai ukuran file yang lumayan besar, Karena umumnya semangkin besar Resolusi yang kita gunakan maka file tersebut akan besar juga.

7 . Edit Foto


Edit Foto
Images Kanva 

Jika hasil Tangkapan gambar Smartphone anda rasa kurang memuaskan, Dan anda sudah berupaya berbagai cara untuk memperbaikinya, Jagan Khawatir, Mungkin Kamera Smartphone anda hanya mempunyai kemampuan seperti itu.

Memang untuk menghasilkan Kualitas gambar yang bagus, Tidak bisa kita pungkiri kualitas Smartphone yang anda pergunakan juga turut mempengaruhi, Bagaimana mungkin Smartphone anda yang harganya 1 jutaan bisa menghasilkan kualitas kamera baik. Kan tidak seperti itu juga ya?.

Nah untuk mengatasinya anda bisa melakukan pengeditan foto agar mengahsilkan sebuah gambar yang lebih baik lagi, Melalui komputer anda bisa melakukannya melalui Adobe Photoshop mungkin.

Atau mau langsung dari Smartphone anda juga bisa, Anda bisa mendownload aplikasi Photoeditor di playstore, dan mengunakannya dalam mengedit foto anda.

Namun perlu anda ingat, Dalam pengeditan foto jangan terlalu berlebihan, lakukan pengeditan foto seperlunya saja, Aplikasi yang ada bukan untuk mengubah keaslian foto, Tapi hanya untuk mempercantik saja.

8 . Jangan mengunakan lampu kilat ( Flash )



Hampir semua Smartphone baru sekaranga ini sudah mempunyai fitur Lampu Flash pada kameranya, Sebenarnya Fitur ini khusus di gunakan untuk memotret objek pada ruangan yang mempunyai cahaya yang Minim.

Tapi tahukah anda, Pengunaan lampu Flash akan mempengaruhi kualitas dari gambar yang di hasilkan, Sebaiknya jangan gunakan lampu Flash ini jika anda memotret objek yang memang anda rasa sangat penting.

Foto yang di hasilkan akan jauh lebih baik tampa mengunkan lampu Flash, Sebaiknya gunakan ruang terbuka dan mempunyai pencahayaan yang baik, untuk memperoleh hasil yang baik pula.

9 . Aturan Pertiga


Fokus

Ini adalah salah tips dan trik yang lumayan ampuh untuk anda terapkan nantinya, Cara ini sangat memungkinkan bagi anda dalam memperoleh kualitas foto yang baik.

Dalam Aturan posisi pertiga ini, Anda hanya perlu memposisikan objek gambar yang anda tuju sejajar dengan dengan jalur vertikal atau horizontal.

Atau dengan kata lain, Mata anda hanya fokus pada gambar yang terbagi menjadi tiga, Yang mana subjeknya berada dibagian pusat dari foto tersebut .

10 . Pakai Mode HDR


HDR KAMERA
Images bikinkonten.com

Mode ini sudah hampir di miliki semua kamera Smartphone Saat ini, fungsi dan kegunaan mode HDR ini adalah untuk mengambil foto dengan kualitas objek Stasioner.

Dengan mengunakan mode ini, Maka akan memastikan pencahayaan dan bayangan di dalam foto akan diekspos secara merata, Mode HDR ini sangat bermanfaat untuk dingunakan dalam kontras yang tinggi.

Selain itu anda juga bisa mengabungkan dua foto sekaligus unguk di ekspos secara bersamaan dengan mudah .

Semoga apa yang di sampaikan bisa anda aplikasikan dengan baik untuk mendapatkan hasil foto dengan mengunakan kamera Smartphone menjadi lebih keren dan mirip Fotografer Profesional.

Dari hasil foto yang bagus, Anda juga bisa membagikan atau menshare foto tersebut ke medsos yang anda punya, Semoga bermanfaat.


Penulis : faisal lintang
Editor : M.Syahrial

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel