5 Tips Aman menggunakan ponsel di Kala Hujan dan petir

teleponan

faisallintang.com - Pernahkan kamu mendengar bahaya mengunakan ponsel saat hujan di sertai petir, Ya memang banyak sekali orang yang membahas bahayanya mengunakan smartphone saat cuaca sedang hujan dan petir.


Apalagi jika kita melihat sejumlah pemberitaan yang mengingatkan kita akan bahayanya mengunakan perangkat Elektronik seperti, Hp, Komputer, Laptop hingga televisi dan radio, di saat kondisi Cuaca yang sedang hujan disertai petir.

Banyak pertanyaan yang menayakan kenapa itu bisa terjadi, Dan Apa Sebabnya kita di larang mengunakan perangkat itu di saat kondisi hujan turun?, Bahkan banyak kejadian yang memakan korban, Hingga beberapa orang karena mereka mengunakan perangkat tersebut di saat hujan turun sehingga tersambar petir.

Memang dalam kondisi cuaca yang buruk, Ada Hal-hal yang tidak boleh kita lakukan, Misalnya kita menyalakan perangkat yang mengundang sinyal seperti, perangkat Wi-fi, Smartphone, Televisi dan semua perangkat Elektronik yang mengandung Listrik.

Kalau melihat dari sebab akibat, Mengunakan perangkat Elektronik Seperti Smartphone disaat hujan petir memang tidak baik, Selain bisa membuat kerusakan pada perangkat anda, yang lebih bahayanya lagi bisa memakan korban jiwa.

Maka dari itu, Untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan, Mari kita bahas dan cari tahu apa hubungannya perangkat Elektronik tersebut dengan hujan dan petir.

Dan apa pula yang harus kita lakukan di saat kita terjebak dalam posisi itu, Yang mau tidak mau kita harus tetap mengunakan perangkat Smartphone tersebut, Untuk pembahasan selangkapnya, Yuk Simak artikel di bawah ini.

Bahaya mengunakan Smartphone Di Saat hujan dan petir, Menurut penelitian dan fakta.


Salah satu Jurnal yang telah di keluarkan oleh National Oceanic and Atmospheric atau yang di singkat ( NOAA ), mengatakan ada beberapa faktor utama yang bisa mempengaruhi hal tersebut.

Ada sebuah tempat atau lokasi yang dominan bisa dengan mudah tersambar petir, Dengan adanya temuan ini, Hal ini juga turut menegaskan kalau kita mengunakan Smartphone di Saat cuaca sedang tidak bagus, Ada kemungkinan petir akan menyambar di sekitar kita.

Hal-hal yang dapat mempengaruhi ada beberapa faktor, Diantaranya Ketinggian, Bentuk bangunan yang runcing dan isolasi yang bisa menjadi faktor dominan terjadinya sambaran petir.

Sedangkan Pada Smartphone, Untuk beberapa komponennya banyak mengandung unsur logam, Komponen logam pada Ponsel tersebut memang bisa menangkap sinyal seperti gelombang Elektromagnetik, Yang dapat memicu medan mangnet.

Tapi walupun begitu, Komponen logam yang ada di Smartphone tersebut kecil kemungkinan bisa memicu terjadinya sambaran petir .

Sedangkan menurut seorang peneliti di bidang perubahan cuaca memberikan tanggapanya atas fenomena ini, Ia mengatakan kalau benda logam yang berukuran kecil Seperti perhiasan, Bukanlah penyebab petir menyambar di Suatu lokasi.

Masih menurunya, Orang-orang yang tersambar petir tersebut sedang berada di tempat dan posisi yang salah, Seperti berada di luar ruangan atau di tempat yang lebih tinggi dari bagunanan lainnya, Itulah mengapa banyak kejadian orang di sambar petir saat di Tengah Sawah Contohnya.

Salah satu tokoh terkenal, seorang Dokter dan Profesor kedokteran juga mengatakan hal yang sama, Dalam hal ini, Sambaran petir sangat menghantui orang-orang yang mempercayai mitos, Yang sangat di percayai akan kebenerannya.

Bahkan berdasarkan Sebuah penelitian dan fakta yang sebenarnya, Akibat Seseorang atau bangunan yang tersambar petir bukanlah di sebabkan dari perangkat Elektronik.

Bahkan peneliti ini juga mengklaim, Kalau pengunaan Smartphone lebih aman dari pada kita mengunakan Telp kabel atau telp rumah sekalipun, Karena kabel yang ada di dalam rumah lebih rentan menghantarkan Arus Listrik saat petir menyambar.

Berikut ini 5 Tips Aman agar terhindar dari Sambaran petir


1 . Masuk ke dalam rumah atau bagunan


Di rumah

Kalau anda terjebak dalam kondisi yang mana cuaca sangat buruk yang di sertai hujan, angin dan petir, Sementara anda sedang berada di Luar ruangan.

Yang harus anda lakukan pertama kali ialah cari tempat berlindung, Carilah tempat berlindung seperti gedung, Ruko ataupun rumah, Carilah yang terdekat dari posisi anda.

Hal yang perlu anda ingat, Jagan berlindung di bawah pohon, Sebab dari banyak kasus terjadi, Pohon menjadi salah satu favorit tempat petir menyambar.

2 . Hindari berjalan kaki tampa mengunakan sepatu atau sendal


Tampa Alas

Kalau anda dalam posisi di dalam ruangan, Mungkin tidak menjadi suatu masalah bagi anda berjalan tampa alas kaki, Baik itu mengunakan sepatu maupun sendal.

Tapi jagan coba-coba jika anda di luar ruagan, Sementara kondisi Cuaca di luar dalam kondisi buruk, Kenapa?. Ini Logikannya.

Salah satu tempat yang paling sering di sambar petir selain pohon adalah tanah, Ya tanah tempat kita berdiri, Maka dari itu, Kalau kita berjalan tampa Alas kaki ketika cuaca sedang hujan dan petir, Bisa saja bahaya sedang mengintai anda.

3 . Hentikan Segera aktivitas di dalam Air


kondisi badai

Aktivitas di dalam air banyak di lakukan orang di pedesaan dan nelayan pada umumnya, Seperti menanam padi di sawah, menguras kolam ikan atau bermain dan mandi di sungai/Laut.

Tapi ketika cuaca buruk di sertai hujan dan petir, Sebaiknya untuk sementara hentikan segera aktivitas ini segera, Mengapa demikian?.

Sebagai mana kita ketahui, Air mempunyai sifat mengantarkan arus listrik, Jadi bisa saja hal buruk akan terjadi jika petir sedang menyambar di areal sekitar anda .

4 . Jagan gunakan Telepon Rumah


Rumah

Saat di sekitar anda ada petir yang menyambar, Hal pertama yang harus anda lakukan ialah, Jagan pergunakan Telepon rumah anda untuk sementara, Seperti pembahasan sebelumnya, Kabel telepon bisa menghantarkan arus Listrik.

Untuk lebih amannya lagi, Anda bisa sedkit menjauhi kabel telepon rumah anda, dan jangan anda menyentunya untuk sementara waktu, Sampai benar-benar aman .

5 . Hindari Tempat terbuka


Terbuka

Ketika anda sudah melihat cuaca sedang tidak bagus, Yang mana sebentar lagi akan datang hujan di sertai petir, Sebaiknya anda menjauhi ruangan yang terbuka, Seperti lapangan, taman, Sawah dan Savana.

Karena pada umumnya, Petir akan mencari tanah untuk melepaskan energinya yang dasyat, Oleh sebab itu carilah tempat yang aman, Seperti gedung, Ruko maupun rumah.

Nah, Inilah penjelasan singkat seputar informasi yang terkait dengan pengunaan Smartphone dalam kondisi hujan dan petir, Apakah anda sudah mengetahui secara jelas, apa bahayanya mengunakan perangkat Elektronik tersebut.

Maka dari itu, Apabila anda sudah mengetahuinya tentang keamanan dan pentingnya pemahaman seputar hubungan Cuaca dan Perangkat Elektronik serta apa yang di lakukan ketika anda terjebak di dalam situasi seperti ini.



Penulis : Sri Mariati
Editor : Ety

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel