Awas dan hati-hati,Ternyata Mencharge Ponsel di tempat umum bisa diretas



Port Usb

faisallintang.com - Memang tidak bisa kita pungkiri perkembangan teknologi saat ini sudah sangat berkembang cukup pesat,Tapi terkadang perkembangan teknologi tidak di imbangngi kemauan masyarakat untuk mengetahuinya .


Padahal pengetahuan teknologi sangat di butuhkan pada Era Sekarang ini, agar menambah wawasan anda terkait dengan teknologi tersebut, adapun saat ini bagaimana menggunakan perangkat Smartphone pintar dengan tepat dan aman .

Saat ini banyak orang yang tidak mengetahui dan tidak mau tau akan pentingnya pemahaman akan teknologi pada jaman sekarang ini, Seperti contoh kasus,

Belom lama ini tersiar kabar kalau mencarge ponsel di tempat umum, Perangkat anda bisa diretas, Dan yang lebih mengerikan lagi kalau disebutkan colokan tersebut telah disusupi program jahat yang bisa mengambil data di ponsel anda .

Memang kalau kita sedang berpergian adakalanya Baterai ponsel kita akan habis, Dan mau tidak mau kita harus mencharge Smartphone kita di tempat umum yang memang banyak tersedia saat ini .

Tapi banyak yang kurang mengerti dan kurang paham akan bahaya yang sedang mengintai kita akibat Mencharge ponsel di sembarang tempat, Padahal bukan tidak mungkin kita akan menjadi korban Hacking akibat kecerobohan kita.

Mencharge ponsel di tempat Umum sangat Rentan


Salah satu ahli keamanan dari sebuah perusahaan teknologi Authentic8, Drew paik, mengatakan Para peretas atau Hacker sangat bisa mencuri data yang ada di Perangkat kita hanya melalui colokan ponsel di tempat umum .

Metode semacam ini sudah banyak telah terjadi yang menimpa para korbannya, Bahkan disinyalir sudah masuk ke negara-negara berkembang termasuk di Indonesia .

" Hanya dengan mencolokan ponsel ke stasiun pengisian yang telah ', Dikerjai '. Maka perangkat kamu bisa terinfeksi dan semua data yang ada di Perangkat kamu sangat bisa diretas ". Ungkap Drew .

Bahkan dalam penjelasan dari perwakilan perusahan tersebut, Kemungkinan adanya program jahat yang bisa menyusupi pada pengisian data yang tidak terbatas sementara untuk layanan digital lain, Seperti akses Wifi gratis di Lokasi Umum.

Seperti kita ketahui kalau sekarang ini sudah banyak tempat umum yang menyediakan askes Wifi gratis seperti di bandara, Cafe, Restoran kantor atau tempat umum lainnya .

Maka dari itu kita wajib waspada dan hati-hati dalam mengunakan fasilitas gratis oada perangkat kita, Apalagi bagi anda yang sering bertransaksi online melalui akun perbankan anda, Sangat di Sarakan unyuk anda menghindarinya .

Banyak pertanyaan yang mengatakan, Bagaimana bisa hanya mengisi daya Smaetphone di tempat umum Perangkat kita bisa di retas.

Nah bagi kamu yang belum mengetahuinya prosesnya begini, ketika anda mengisi daya atau Mencharge Ponsel anda, Pastinya anda mengunakan kabel data untuk mengisi daya di Smartphone anda .

Pada proses ini tentunya sangat memungkinkan transfer data pada kabel yang kamu gunakan tersebut melalui kabel yang kita colokan pada tempat pengisian daya .

Pada proses inilah kesempatan mereka para Hacker bisa meretas perangkat anda, Menurut Paik, Jika Port yang dipakai untuk mengisi daya sudah di retas, Hampir semua informasi yang ada di perangkat kamu bisa di dapatkan oleh peretas tersebut .

Baik itu foto, Video, Email pesan riwayat panggilan dan kontak bisa dengan mudah di dapatkan oleh Peretas tersebut .

Metode ini disebut juga dengan Juice Jacking, Nama ini adalah sebuah istilah yang telah di ciptakan para peneliti yang mereka temukan pada tahun 2011 yang lalu .

Bahkan pada tahun lalu, Para peneliti dari Authentic8 telah menunjukan sebuah proses , Video Jacking' dengan mengunakan Port yang sudah di retae dan video Chapture yang di lihat dan merekam semua yang di lihat dan diketik dengan ponsel tersebut .

Membuat Exsperimen yang Sederhana


Perwakilan dari Authentic8 juga mengatakan, Mereka pernah menjalankan Exsperimen yang sederhana terkait bagaimana orang mengisi daya Smartphone yang mereka miliki .

Kemudian dalam Suatu acara di Kota San Francisco beberapa bulan yang lalu, Authentic8 membuka sebuah Booth khusus untuk para pengunjung yang kemungkinan membutuhkan pengisian daya .

Dan yang mencengangkan, Mayoritas para pengguna port tersebut tidak pernah menanyakan Keamanan dari pengisian daya tersebut, Padahal pihak Authentic8 sudah memberikan Informasi untuk mengatasi kejahatan digital .

" Mayoritas tak mempermasalahkan mengisi daya di tempat umum, Karena berada di Konferensi keamanan, Sebab seharusnya mereka waspada, Tapi kelihatanya mereka tenang-tenang saja," Ujar paik lahi menambahkan .

Tips yang di berikan oleh paik ialah : Lebiha baik kita mencoba untuk bisa menghemat daya pada Smartphone, Sebab hal ini bisa kamu atur menyesuaikan penggunaan untuk yang penting saja .

Namun jika kamu merasakan akan mengunakan Smartphone dalam jangka waktu yang lama, Kamu bise membeli Power Bank misalnya atau Mencarge dirumah atau tempat yang kamu rasa aman .

Dan satu hal yang sangat penting, kamu bisa membawa kabel data kemana saja, Tapi kamu harus mengunakannya hanya untuk pengisian Baterai saja, Bukan untuk memindahkan file atau data .

Sudah tentu cara ini sedkit membantu anda dalam mengindari akun anda di curi dan diretas oleh Orang yang tidak bertanggung jawab .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel