Kenali Ciri-ciri Wifi yang Bisa menyadap Perangkat Anda dan Cara mengatasinya


Wifi

faisallintang.com - Memang Jaringan Wifi graris saat ini sangat mudah di temukan , Baik itu di Hotel, Cafe, Restoran dan tempat keramaian lainnya . Tapi Bagaimana cara mengenali jaringan Wifi tersebut aman untuk anda pergunakan, Atau bagaimana jika jarinyan Wifi tersebut telah di sadap oleh Sesorang? .


Nah bagi kamu yang sering mengunakan Jaringan Wifi gratisan maka mulai sekarang berhati-hatilah dengan jaringan Wifi tersebut ,

Karena bisa saja jaringan wifi Gratis tersebut telah di Susupi para penyadap yang ingin mengambil data login pada perangkat kamu .

Maka dari itu , Anda Wajib mengenali mana jaringan Wifi yang aman di pergunakan dan yang tidak aman untuk dipergunakan .

Berikut ini Tips Aman dan Tanda-tanda jaringan wifi yang tidak aman untuk kamu pergunakan .

1 . Tidak Adanya Halaman ' Terms Of Service '


Kalau anda mempergunakan wifi Publik , Biasanya anda akan diarahkan langsung ke halaman Tems Of Service, Yang mana anda akan diminta untuk membaca dan menyetujui dan kesepakatan dalam layanan Wifi tersebut .

Nah Jika tidak ada Halaman tems Of Sevice ini , Maka anda perlu berhati hati dalam mengunakannya , Kalau pun anda terpaksa mengunakan layanan Wifi Gratis ini , Maka di sarankan Jangan mengunakan untuk Transaksi perbankan Anda .

Misalnya transaksi Via Mobile Banking, Internet Banking dan sejenisnya jagan anda lakukan , Karena umunya para Hacker tersebut bisa saja merekam Transaksi anda Seperti Pasword dan lainnya melalui jaringan wifi tersebut .

2 . Tidak Ada Password


Pada Umumnya jika anda memakai jaringan Wifi , Baik di Kafe,Mall, Restoran dan lain-lainnya biasanya pasti akan diberikan Password Oleh si empunya Jaringan Wifi tersebut , Sehingga anda akan meminta Password tersebut kepada pelayan di tempat itu .

Nah Bagaimana jika jaringan wifi tersebut tidak mempunyai Password , Kalau anda mendapati hal tersebut , Sebaiknya anda tidak usah memakai jaringan wifi itu , Karena hal itu sangat berbahaya bagi keamana akun anda .

Baik itu akun perbankan anda , Akun Facebook,Twitter,Instagram dan lain-lainnya , Karena ini memang sengaja mereka lakukan agar orang yang masuk ke jaringan wifi mereka masuk kedalam jebakannya .

3 . Jaringan Wifi yang mempunyai kecepatan yang sangat Lambat


Ini anda juga perlu berhati-hati kalau anda memakai jaringan Wifi yang mempunyai akses internet yang sangat lambat dari biasanya .

Karena Hal ini biasanya di sebabkan oleh pengalihan rute ke Peretas , Jadi hal itulah yang menyebabkan Akses internet di jaringan tersebut melambat , Meskipun itu tidak semua terjadi .

Bisa saja memang pada saat itu ada gangguan jaringan atau jaringan tersebut banyak penggunanya , Tapi anda perlu berhati-hati jika anda mengalaminya suatu saat nanti .

4 . Aplikasi tiba-tiba berhenti Bekerja


Jika anda mengunakan jaringan Wifi , Dan tiba-tiba Aplikasi di Smartphone / PC yang sedang anda gunakan berhenti bekerja , Atau Browser yang sedang anda gunakan menampilkan pesan Eror secara random .

Bisa jadi anda sedang di alihkan ke jaringan wifi Publik palsu , Hal ini Biasanya tidak anda sadari sehingga anda terjebak ke dalam Jaringan yang sudah dikendalikan oleh Peretas tersebut .

Kalau sudah begitu Apa yang harus Anda lakukan 


Pertama buka pengaturan yaringan Wifi pada perangakat anda, dan hapus semua jaringan Publik yang tersimpan pada perangkat anda, Sehingga nantinya anda tidak akan langsung Masuk ke Jaringan Wifi Palsu tersebut .

Selain itu , Ketika anda tidak mengunakan jaringan Wifi , Maka matikanlah Jaringan Wifi pada perangkat anda , ( Terutama pada pengaturan Koneksi Otomatis ) .

Dan Terakhir pastikan kalau perangkat anda mempunyai Antivirus yang bagus dan Selalu mengupdate antivirus tersebut . Kemudian lakukanlah pemindai sistem secara berkala dan teratur agar perangkat anda aman .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel