Smartphone anda terkena Air, Jagan Panik ini 6 Langkah mudah untuk mengatasinya


Smartphone terkena Air

faisallintang.com - Jika Smartphone kesayangan anda terkena air atau basah tentu anda akan panik bukan?. Memang harus kita akui, Terkadang kita sering melakukan hal-hal yang ceroboh yang bisa menyebabkan Ponsel kita terkena Air .


Tak jarang kita kurang awas dalam menjaga Barang pribadi kita, Terutama ponsel,Pasti kamu sering meletakan barang ini di mana saja ketika kamu pulang kerja,Pulang Sekolah Atau dari mana saja .

Tapi bagaimana jika kamu terlalu cereboh atau meletakan Ponsel tersebut di sembarang tempat, Dan tampa sengaja terkena air atau Cipratan air, Maka itu suatu kesialan buat kamu bukan? .

Kita ketahui kalau air merupakan sesuatu yang buruk bagi perangkat Elektronik, Apalagi Smartphone,Maka dari itu jika kamu tidak beisa mengatasinya dengan Segera maka akan berakibat buruk bagi Smarphone kamu ,

Bisa saja perangkat yang Selalu menemani kamu sehari-hari tersebut akan rusak, Koslet atau yang lebih parah mati sama sekali tidak mau hidup lagi akibat terkena air tersebut .

Maka dari itu, Kalau hal ini sudah menimpa kamu, Kamu pasti akan Sebal, Pusing, Panik dan yang terakhir ya Pasrah apakah Ponsel kamu masih hidup atau sudah mati .

Tapi sebenarnya ada Solusi ampuh untuk mengatasi itu semua, Cara ini hanyalah Cara sederhana dan tampa mengeluarkan Biaya Sedikit pun .

Bisa saja sich sebenarnya Kamu langsung membawa Smartphone kamu ke tempat servis untuk di perbaiki, Tapi sudah pasti itu akan merogoh kocek kamu dan bukan tidak mungkin kamu akan mengeluarkan Biaya yang cukup besar .

Oleh Sebab itu, Saya di sini sedikit membagikan Tips, Ada 6 Tips ampuh mengatasi Smarphone yang terkena air atau basah tampa mengeluarkan Biaya sama sekali, Mau tau oke langsung saja simak Artikel di bawah ini .

1 . Angkat Segera Smartphone kamu dan Matikan


Jika kamu mengetahui kalau Smartphone kamu terkena air atau basah terkena apa pun itu, Cara pertama yang harus kamu lakukan ialaha Angkat ponsel kamu dari genangan air atau tumpahan Air tersebut .

Setelah kamu angkat, periksa sejenak Kondisinya apakah Air tersebut masuk ke bagian mesin atau tidak, Jika tidak maka kamu hanya perlu membersihkan sisa air tersebut dengan kain atau Tisu.

Tapi bagaimana bila Sampai masuk kedalam mesin, Maka yang harus kamu lakukan adalah, Segera matikan Ponsel kamu, Atau kalau bisa baterainya di Cabut, Kamu harus cabut Baterainya .

Tapi kebanyakan Smartphone sekarang ini sudah memakai baterai tanam Istilahnya ( Tidak bisa di Cabut ) . Hal ini kamu lakukan agar Ponsel tersebut tidak Korslet dari jaringan Listrik pada mesin di Smartphone kamu .

2 . Lepaskan Bagian penting pada komponen Ponsel tersebut 


Kemudian Setelah kamu melakukan cara yang pertama, Kamu bisa langsung mencopot Kartu Sim Card dan juga Memory Card Jika ada, Dan selanjutnya kamu keringkan dengan kain atau tisu, Kalau ada .

Hal ini kita lakukan agar tidak adanya sisa air pada bagian komponen tersebut, Karena bisa saja ada endapan air yang tersisa di celah-celah tersebut .

3 . Keringkan Smartphone dan juga Komponennya


Setelah kamu melepaskan semua komponen yang penting, Langkah selanjutnya ialah, Kamu pastikan Ponsel dan Komponennya yang sudah di Lepaskan benar benar kering dari sisa air .

Kamu bisa membersihkannya dengan tisu atau kain, sampai benar benar kering, Ingat ya Jagan menjemur ponsel tersebut langsung di tengah teriknya matahari, Karena hal ini bisa saja merusak layar ponsel kamu .

4 . Kamu siapkan Beras tidak perlu banyak yang penting bisa membuat Ponsel Kamu terendam oleh beras tersebut


Selanjunya kamu bisa menyiapkan beras untuk merendam ponsel kamu kedalam beras tersebut, Kalau bisa ketika kamu merendam Ponsel usahakan pakai wadah penutup, Misalnya di dalam Panci yang ada tutupnya .

Bisa juga di dalam toples yang ada tutupnya, atau bisa juga kamu langsung ke dalam goni beras tersebut, kemudian tutup kembali dengan rapat .

Setelah kamu rendam, Biarkan ponsel tersebut minimimal 12 jam atau paling lama 24 jam, Kenapa kita buat demikian? . Karena Beras sangat diyakini merupakan bahan yang sangat mujarab untuk menyerap embun Air.

Apakah kamu masih ingat, Orang jaman dulu menyimpan buah-buahan agar cepat matang salah satunya dengan metode dengan beras ini. Sebab beras memang bisa menyerap air .

5 . Coba Charge Ponsel terlebih dahulu


Setelah ponsel di rendam dengan beras Selesai, Jagan kamu hidupkan terlebih dahulu, Kamu bisa mencoba Mencarge ponsel tersebut terkebih dahulu, Kamu perhatikan Smartphone kamu .

Biasanya kalau kita Mencarge Smartphone, Akan ada tanda lampu hidup, Atau getar pada ponsel tersebut saat pertama kali kita mencarge Ponsel .

Kalau tanda tanda tersebut ada, Kamu bisa melanjutkan pengecasan ponsel, Tunggulah minimal setengah jam, Agar Komponen-komponen di dalam ponsel tersebut menjadi hangat dan mulai bekerja dengan semestinya .

6 . Hidupkan Ponsel dan Periksa Semua komponen apakah bekerja dengan normal


Jika pengecasan Smartphone sudah selesai, Kamu bisa langsung menghidupkan ponsel tersebut, Biasanya jika ponsel tidak terlalu parah terkena airnya, Maka ponsel akan hidup normal kembali .

Kalau sudah hidup, Kamu bisa mengecek Fungsi komponen di Smartphone kamu, Kamu bisa mengecek mulai dari Kamera apakah bekerja dengan normal, kemudian cek Speker, Apakah masih mengelurkan suara atau tidak .

Dan terakhir kamu bisa coba melakukan panggilan telpon atau tidak, Karena antena ponsel dan Mic ponsel sangat rawan bila terkena air, Jika semua langkah-langkah sudah kamu coba dan berhasil, Maka bisa di pastikan ponsel kamu aman untuk di pergunakan kembali .

Memang semua ini tidak menjamin 100 % akan berhasil, Bisa saja bila air yang masuk kedalam bagian Mesin terlalu banyak, Kemungkinan cara ini tidak berhasil .

Dan kalau kamu mempunyai Uang untuk memperbaikinya di tempat Servis, Di anjurkan untuk memperbaiki di tempat resmi Merek Ponsel kamu . Tapi tidak ada salahnya kamu mencoba cara tradisional ini terlebih dahulu .

Demikianlah 6 Tips cara mudah mengatasi Ponsel yang terkena air, Semoga Berhasil dan bermanfaat .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel