Benarkah di Saat Hujan Dan Petir Berbahaya mengunakan Ponsel, Ini Jawabannya

Benarkah di Saat Hujan Dan Petir Berbahaya mengunakan Ponsel, Ini Jawabannya

faisallintang.com - Banyak Orang yang beranggapan ketika Hujan dan petir terjadi sangat berbahaya mengunakan Ponsel,Benarkah Demikian?. Apakah sekedar mitos atau fakta ketika mengunakan Smartphone saat hari sedang hujan dan Petir melanda itu berbahaya.


Memang pada sebahagian orang saat ini sangat mempercai kalau kita mengunkan ponsel saat petir datang itu sangat berbahaya sekali, Karena bisa saja kita akan tersambar oleh petir tersebut, Tapi taukah kamu, Kalau menegunakan Smartphone di saat hujan dan petir itu tidak berbahaya.

Menurut pakar keselamatan petir telah menyatakan, kalau mengunakan Ponsel di Saat Hujan dan petir berlangsung tidak akan membahayakan sama sekali, Ia juga menyanggah banyaknya mitos tentang hal ini, yang mengatakan mengunakan Smartphone saat hujan dan petir membahayakan jiwa.

" Dan Hal yang pertama harus dipahami oleh semua orang ialah, Tidak ada sesuatu yang benar-benar bisa menarik kilat, Tetapi kilat menyambar melalui kabel, pagar, dan benda-benda seperti itu, Jadi jika anda mengunakan Smartphone saat petir terjadi, kemungkinan besar anda tidak akan tersambar olehnya,".

Ucap Jhon Jensenius, Ahli Keselamatan kilat di National Weather Service, Seperti yang di lansir dari Accuweater, Selasa ( 31/12/2019 ), Yang lalu.

Dan masih menurut Jhon Jensenius, Sebenarnya ada banyak kesalahpahaman tentang anggapan banyak orang yang menganggap kalau mengunakan Smartphone di Saat Hujan dan petir Bisa menarik petir tersebut hingga mengenai anda.

Nah banyak ansumsi yang selama ini beredar di masyarakat, ketika orang tersambar petir, Dan Orang tersebut mengunakan Ponsel saat petir terjadi, Maka Ponsel itulah penyebabnya, Padahal itu tidak benar sama sekalai, Menurut Jhon, Pakar Keselamatan Kilat Nasional Weather Service.

Kunci yang Utama ialah, Ketika hujan dan petir terjadi, Berlindunglah di Tempat yang aman, Seperti Rumah atau pun Gedung



Karena pada kenyataannya, Kalau sambaran petir terjadi pada seseorang yang sedang memainkan Smartphone, itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan Smartphone yang di gengamnya.

" Kuncinya Adalah anda harus berada di tempat yang aman sehingga tidak tersambar petir, Karena Sambaran petir tidak perduli, Anda lagi menggengam Ponsel atau tidak.," Ucapnya lagi menambahkan.

Namun beda halnya jika melalui telepon kabel atau telepon rumah, Pengunaan telepon rumah ketika sedang hujan dan petir sangatlah tidak aman, Sebab Kabel telepon rumah tersambung dengan kabel telepon yang ada di luar.

Karena Secara teknis, jika petir sedang menyambar, Maka secara tidak langsung melalui kabel kawat telepon yang sedang anda gunakan, Dan sudah pasti akan dapat melukai pengguna Telepon rumah tersebut.

" Tempat anda berada itu yang paling penting, Jika anda berada di dekat menara Smartphone, Ini adalah hal yang buruk, karena Biasanya petir akan menyambar menara tersebut karena dia berada di Posisi yang paling tinggi" ucap Dan kottlowski, Ahli Meteorologi senior AccuWeather.

Dan juga menyarakan kalau telah terjadi hujan di sertai petir, segeralah berlindung di mobil atau yang paling aman di dalam Rumah atau gedung.

Nah bagaiman Sob, Sudah taukan, kalau Smartphone bukanlah penyebab seseorang itu di sambar petir, karena orang yang tersembar petir tidak ada hubungannya dengan Smartphone yang sedang di gunakannya.


Penulis : Sri mariati
Editor : Topan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel