Google dilarang dan di Hukum Uni Eropa untuk menjadi Search Engine Utama Android

Google dilarang dan di Hukum Uni Eropa untuk menjadi Search Engine Utama Android

faisallintang.com - Setelah bertahun-tahun Google menjadi mesin pencari utama di Android, Tapi kini Google tidak akan bisa lagi menjadi mesin pencari utama di Android, Karena Google telah di anggap melakukan Praktek Monopoli oleh Uni Eropa.


Selain itu, Google juga telah di hukum dengan diharuskan membayar denda sebesar USD 5 Milyar, Dan Google harus menyediakan mesin pencarian alternatif bagi para pengguna Android Khusus di Negara- negara Eropa.

Pihak Google juga telah diberikan empat pilihan untuk memasukan salah satu mesin pencari di Sistem Android yang harus di laksanakan mulai tanggal 1 Maret 2020.

Dari Mesin pencarian yang di tawarkan oleh Uni Eropa, Google harus memilih satu di antaranya, Seperti Yahoo, Bing, DuckDuckGo dan juga Google sendiri.


Google dilarang dan di Hukum Uni Eropa untuk menjadi Search Engine Utama Android

Aturan Uni Eropa ini berlaku di sebabkan oleh, Tudingan Uni Eropa kepada Google yang menganggap Google telah memonopoli Search Engine dengan sejumlah Aspek yang di perhatikan oleh Uni Eropa.

Salah Satu hal yang paling mendasar adalah, Google telah menjadikan Google Search sebagai mesin pencari Default bagi setiap Smartphone yang telah menjalankan Sistem Operasi Android.

Seperti yang banyak di protes dari kalangan negara-negara Eropa, Google di sebut-sebut telah menghilangkan hak konsumennya dalam memilih mesin pencarian yang di sukainya.

Kemudian pihak Google juga diduga telah memberikan isentif bagi produsen Smartphone dan juga Operator seluler agar para konsumen tersebut melakukan Pra Instalasi Google Search sebagai mesin pencari Default.

Sehingga masalah ini menjadi pelik di kalangan Uni Eropa, Yang menyebabkan terjadinya Pro dan Kontra bagi mereka, Setelah diberikan keputusan yang memakan waktu 39 bulan penyelidikan oleh otoritas persaingan bisnis komisi Uni Eropa.



Penulis : Topan
Editor : Sri Mariati

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel