Huawei dan Samsung mengunakan Chipset Sendiri, Qualcomm Meradang

Huawei dan Samsung mengunakan Chipset Sendiri, Qualcomm Meradang
Images - Instagram Qualcomm

faisallintang.com - Ketergantungan Para Vendor Smartphone Terhadap Chipset dari Pihak Ketiga Seperti Qualcomm Sepertinya akan segera berakhir, Hal diketahui setelah Samsung dan Juga Huawei akan meningkatkan Chipset ciptaannya sendiri ke Produk terbaru mereka nantinya.


Seperti yang yang telah disebutkan IHS Markit, Regulasi yang telah dilakukan dua perusahaan tersebut telah menyebabkan perubahan besar di Pasar.

Laporan itu juga menyebutkan kalau pengiriman Chipset Internal Samsung dan Juga Huawei pada kuartal ke tiga 2019 ini meningkat lebih dari 30% YoY ( Year On Year ), Sehingga pencapaian itu turun 16,1%.

Hal ini juga disebabkan, Samsung lebih memilih mengunakan Prosesor besutannya sendiri Exynos di sekitar 80,4% pada Smartphone kelas menegah pada kuartal ke tiga 2019. Angka itu sendiri naik dari 64,2% pada 2018 yang lalu.

Karena secara menyeluruh Smartphone Besutan Samsung yang mengunakan Exynos mencapai 61,4% pada kuartal ini, Sedangkan di sisi lain, Sekitar 74,6% Smartphone Huawei pada kuartal ketiga ini telah menggunakan Chipset Sendiri yaitu Kirin, Yang meningkat dari 68,7% YoY.

Hal ini merupakan sebuah perubahan yang cukup sifnifikan bagi Vendor Smartphone yang berasal dari negeri Tirai Bambu tersebut, Yang mana sebelumnya hanya mengunakan Chipset Kirin pada Smartphone Unggulan mereka.

Tapi pada Line-Up Mid-range nya, mereka sekarang ini telah mengunakan Chip in-house-nya sendiri.

Dari laporan tersebut akan menambahkan bagian Qualcomm dari pengiriman Huawei turun dari 24% pada kuartal ketiga di tahun 2018 yang lalu, menjadi 8,6 pada kuartal ketiga 2019.

Qualcomm Masih menguasai Pangsa Pasar Chipset seluler dengan 31% Secara Global


Huawei dan Samsung mengunakan Chipset Sendiri, Qualcomm Meradang

Sedangkan pada Chipset Mediatek Perangkat Huawei telah naik menjadi 16,7% pada kuartal ini, mengalami kenaikan dari 7,3% di periode yang sama pada tahun lalu.

Meskipun begitu, Baik Pihak Qualcomm dan juga Mediatek, Akan tetap terus berjuang untuk mempertahankan dan juga mengembangkan jangkauwan mereka denga para Vendor Smartphone Lainnya.

Diketahui samapai saat ini, Para Vendor Smartphone Langganan Qualcomm dan mediatek masih berasal dari negara China Seperti Oppo, Xiaomi, dan juga VIVO, Hingga persaingan keduanya kian ketat.

Huawei dan Samsung mengunakan Chipset Sendiri, Qualcomm Meradang

Pada Kuartal ke tiga ini, Pihak Qualcomm masih mendominasi pangsa pasar dari Prosesor seluler Global dengan pangsa pasar 31%. Kemudian Mediatek terus menguntit dengan ketat dengan pangsa pasar sekitar 21%.

Sementara itu, untuk Chipset besutan Samsung Exynos mempunyai pangsa pasar sekitar 16%, Sementara Huawei dengan Kirinnya sekitar 14%.

Huawei dan Samsung mengunakan Chipset Sendiri, Qualcomm Meradang



Penulis : Topan
Editor : Sri Mariati

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel