Langkahi Huawei, Xiaomi Menjadi Vendor Smartphone ke Tiga terbesar di Dunia

Langkahi Huawei, Xiaomi Menjadi Vendor Smartphone ke Tiga terbesar di Dunia
Gedung Xiaomi

FaisalLintang - Salah Satu perusahaan raksasa China Xiaomi kini berhasi merebut posisi Huawei sebagai produsen Smartphone terbesar ke tiga di Dunia, Diketahui dari data pada bulan Februari 2020 yang lalu, Terungkap Xiaomi berhasil mengirimkan 6 Juta unit smartphone, Sementara itu Huawei hanya mampu mengirim sebanyak 5,5 juta unit saja.


Sementara itu perusahaan dari Korea Selatan Samsung saat ini masih nyaman bertenger pada posisi pertama sebagai produsen Smartphone terbesar di Dunia, Pada bulan februari ini, Perusahan Korea itu berhasil mengirimkan 18,2 Juta unit, Kemudian di susul oleh Apple dengan angka 10,2 Juta unit.

Huawei yang sebelumnya berada dalam posisi tiga besar, Kali ini harus rela tahtanya di rebut Xiaomi, Penurunan angka dari Huawei ini diprediksi karena Perusahan itu tidak diperbolehkan memakai aplikasi dan layanan Google.

Sedangkan Xiaomi saat ini masih mulus dalam penjualan Smartphone mereka, Hal ini di tengarai oleh ketepatan dari Starategi pemasaran mereka yang bermain pada penjualan Smartphone kelas menengah ke bawah.

Maka dengan keberhasilan Starategi mereka ini, Xiaomi pada saat ini menjadi Vendor Smartphone ke tiga terbesar di dunia, Dan mengeser posisi Huawei dalam daftar peringkat tersebut.

Penyebab Ambruknya Penjualan Huawei


Sebenarnya, Sepinya penjualan Smartphone Huawei sudah terasa pada saat Huawei terkena Banned pemerintah Amerika Serikat dan juga Google, Yang mana Huawei tidak di perbolehkan memakai aplikasi dan Layanan Google.

Langkahi Huawei, Xiaomi Menjadi Vendor Smartphone ke Tiga terbesar di Dunia

Kemudian di tambah lagi adanya Wabah Virus Corona yang sangat berdampak pada bisnis Smartphone di seluruh wilayah China, Karena di ketahui sebelumnya, Pangsa penjualan Smartphone terbesar Huawei berasal dari negara ini.

Memang wabah dari Virus Corona ini tidak hanya menerpa Huawei saja, Karena Seluruh industri Smartphone di Dunia terkena dampaknya, Dan hal ini juga bisa dilihat dari data pada jumlah pengiriman Smartphone pada bulan februari 2020 jika dibandingkan pada bulan Februari 2019 yang lalu.

Untuk bulan Februari 2019 yang lalu, Huawei Mampu mengirimkan 12,2 Juta unit Smartphone di seluruh dunia, Sementara Xiaomi hanya mampu mengirim sebanyak 10 Juta Smartphone saja.

Nah jika dibandingkan dengan data pengiriman pada bulan Februari 2020 tahun ini, Yang mana Huawei hanya mampu mengirim sebanyak 5,5 juta Unit Dan Xiaomi 6 Juta Unit, Maka telah telah terjadi penurunan angka sebesar 30-40 %.

Hal ini juga sangat berdampak pada Vendor Smartphone lain, Contohnya Samsung, Samsung yang memang menjadi pemimpin pasar penjualan Smartphone saat ini juga harus rela kehilangan pengiriman sebanyak 1,9 Juta unit selama bulan Januari dan Februari 2020, Atau sekitar 13 % dari jumlah keseluruhannya.

Lalu dilihat dari kacamata Industri, Seluruh penjualan pada bulan Februari 2020 juga mengalami penurunan yang sangat drastis, Jika pada bulan Februari 2019 yang lalu tercatat ada 99,2 juta unit Smartphone yang telah terjual.

Sementara pada bulan Februari 2020 tahun ini hanya 61,8 juta unit, Lalu angka ini juga dipastikan akan mengalami penurunan, Hal ini disebabkan Wabah Virus Corona yang semangkin besar penyebaran nya pada wilayah Eropa dan juga Amerika.

Sudah jelas hal ini akan menambah penderitaan bagi penjualan Smartphone, Khususnya Bagi Huawei, Memang Huawei sebelumnya sudah memprediksi akan terjadi penurunan penjualan 20%.

Tapi Prediksi ini sebelumnya karena Huawei tidak bisa mengunakan Aplikasi dan layanan Google saja, Kemudian ditambah lagi wabah Virus Corona yang menerpa hampir di seluruh negara di Dunia. Sehingga penjualan Smartphone Huawei semangkin hancur pada tahun ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel