Mau Tau apa itu Huawei Mobile Services ( HMS )?

Mau Tau apa itu Huawei Mobile Services ( HMS )?

FaisalLintang - Sama-sama kita ketahui Kondisi Huawei pada saat ini sangatlah buruk, Hal ini di akibatkan Huawei telah kena Banned oleh Amerika Serikat dan juga Google, Sehingga Smartphone Huawei dan juga Honor saat ini tidak di perbolehkan mengunakan Google Mobile Services ( GMS ) sejak tahun lalu.


Sebelumnya hukuman Amerika kepada Huawei disebabkan kecurigaan pihak Amerika yang menuduh Huawei menciptakan teknologi 5G hanya untuk memata-matai mereka saja, Dan membahayakan keamanan nasional Amerika Serikat.

Dan kini pihak Huawei mau tidak mau harus berfikir keras untuk mengatasi hal ini, seperti harus membuat Chipset sendiri ( Hisilicon kirin ) yang memang sudah mereka lakukan dari beberapa tahun yang lalu.

Kemudian pihak Huawei juga membuat OS Tandingan Android yang di namai ( OS Harmony ), Dan kini kabar terbaru menyebutkan pihak Huawei diketahui sedang menciptakan HMS atau yang diberinama Huawei Mobile Services.

Nah bagi kamu yang ingin mengetahui apa itu HMS atau ( Huawei Mobile Services )?, Dan juga apa kegunaannya dan juga keunggulan HMS, Berikut ini penjelasan apa itu HMS pada artikel di bawah.

Ini dia penjelasan apa itu Huawei Mobile Services


Mau Tau apa itu Huawei Mobile Services ( HMS )?

Huawei Mobile Services atau juga yang di singkat HMS ialah sebuah layanan yang di buat Huawei untuk menandinggi dominasi Google Mobile Services ( GMS ) milik Google yang selama ini memang mendominasi Android.

Memang layanan ini di buat oleh Huawei untuk mengantikan layanan Google yang selama ini ada pada hampir semua OS Android di seluruh Dunia, Jadi dengan Adanya HMS Huawei ini maka Huawei mengharapkan layanan ini akan bisa mengantikan layanan milik Google ini.

Dan yang membedakan dari kedua layanan ini hanyalah dari produsen saja, Yang mana Sebelumnya di kendalikan oleh Google tapi kini akan langsung di pengang oleh pihak Huawei itu Sendiri.

Bahkan saat ini Pihak Huawei telah mengklaim kalau Layanannya itu kini telah memiliki lebih dari 570 juta pengguna aktif bulanan di seluruh belahan Dunia, Dan Huawei AppGalery ciptaan Huawei yang merupakan tandingan dari Google Play Store kini telah ada di 170 Negara.

Kemudian salah seorang petinggi Huawei juga pernah mengatakan " Semua ponsel Huawei di masa depan ( Termasuk Huawei P40 ), Sangat di Upayakan agar bisa mengunakan layana HMS ini.

Meskipun jika nantinya Huawei ( Bagaimana pun caranya ) dan di usahakan akan bisa kembali mengunakan layanan GMS kembali, Dan Sangat mungkin bagi kami bisa kembali mengakses kembali GSM, Kemudian juga sangat mungkin juga bagi Huawei untuk terus bisa mengembangkan dan mempromosikan HMS pada perangkat milik kami sendiri "

Apa saja layanan Huawei Mobile Services?


Mau Tau apa itu Huawei Mobile Services ( HMS )?

Karena memang di ciptakan sebagai penganti Google Mobile Services ( GMS ) yang terlalu dominan" Pihak Huawei mengakui kalau itu memang tidak mudah dilakukan oleh mereka.

Tapi pada kenyataannya, Seiring perjalanannya dalam satu tahun ini, HMS sangat banyak mendapatkan respon yang postif dari para penggunanya, Meskipun itu diakui jika layanan HMS masih cukup jauh dari kata memuaskan, Dan perlu diketahui juga layanan HMS ini masih belum mampu menandingi layanan GMS milik Google tersebut.

Berikut ini layanan yang tersedia pada HMS ( Huawei Mobile Services ).

  • Huawei ID
  • Huawei Mobile Cloud
  • Huawei Assistent
  • Huawei Themes
  • Huawei Music
  • Huawei Video
  • Huawei Browser
  • Huawei AppGalery

Dan yang menjadi pertanyaan, Apakah bisa AppGalery Milik Huawei mampu mengantikan Google Play Store Milik Google.

Memang harus di akui, Dari sekian banyak layanan dan yang paling menarik untuk dibicarakan ialah Huawei AppGalery, Dan seperti yang sudah di sebutkan, Layanan ini merupakan Layanan yang di Ciptakan Huawei untuk menandingi Google Play Store Milik Google.

Mau Tau apa itu Huawei Mobile Services ( HMS )?

Dan secara layanan memang AppGalery Milik Huawei ini belum begitu banyak memiliki aplikasi seperti yang di punyai Play Store, Tapi beberapa aplikasi populer yang biasa banyak di pergunakan seperti.

Tik Tok, Amazon, Amazon Prime Videos, Deezer, Booking.com, BBC News, dan juga financial Times, Kemudian beberapa aplikasi Populer lainnya seperti Game dan sebagainya.

Tapi kamu juga jagan berharap aplikasi Populer seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Netflik, Meseenger ada pada layanan AppGalery Milik Huawei ini.

Tapi pihak Huawei sendiri telah menjanjikan kalau aplikasi-aplikasi Populer itu akan segera muncul pada AppGalery dalam waktu yang tidak lama lagi, Dan Untuk sekarang ini, Kamu jagan berharap Aplikasi ini ada pada AppGalery Ya Guys, Jadi Harap bersabar.

Bahkan kabar yang berhembus kencang saat ini mengatakan kalau Huawei dan beberapa Produsen Smartphone yang ada di China di kabarkan telah berkolaborasi untuk mengembangkan aplikasi tandingan untuk melawan Dominasi Play Store.

Para Pengembang Wajib Mengunakan HMS Core



Lalu jika para pengembang yang ingin masuk dalam layanan milik Huawei ini, Maka akan banyak perubahan yang harus diketahui, Dan mau tidak mau para pengembang itu wajib menerapkannya pada aplikasi besutannya itu.

Karena HMS itu mencakup seperangkat layanan pengembang yang diberi nama oleh Huawei dengan Nama HMS Core, Ini merupakan sebuah alat untuk melacak lokasi dan juga digunakan untuk Sing-In.

Yang mana juga untuk pembelian dalam aplikasi iklan, Deteksi wajah, Pengenalan teks dan masih banyak lagi fungsi dan kegunannya.

Para pengembang ini dapat menggunakan dari pada layanan inti ini serta API dan SDK lain yang telah disediakan oleh Pihak Huawei untuk membuat aplikasi mereka tersedia di HMS.

Dan yang lebih menarik lagi, Pihak Huawei telah membuat seperti Versi API Khusus untuk ponsel miliknya, Jadi jika ada aplikasi yang tidak mengunakan API yang Huawei sertakan pada HMS.

Maka aplikasi itu tidak akan bisa di gunakan pada Smartphone milik Huawei, Maka dari itu, inilah alasannya mengapa beberapa dari aplikasi Google masih bisa di pasang dalam metode sideload pada Smartphone Huawei.Tapi setelahnya, Aplikasi tersebut tidak akan bisa berfungsi lagi.

Nah itulah sedikit penjelasan Layanan yang sedang di kembangkan oleh Huawei yang berguna untuk mengantikan layanan milik Google yang selama ini kita ketahui, Menarik kita tunggu, Apakah Pihak Huawei bisa menandingi layanan milik Google itu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel