Pengertian Refresh Rate Layar Smartphone, 60Hz, 90Hz dan 120Hz

Pengertian Refresh Rate Layar Smartphone, 60Hz, 90Hz dan 120Hz

FaisalLintang.Com - Smartphone masa kini sudah banyak dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih dan juga unik, Dan salah satunya yang lagi Tren ialah pengunaan Refresh rate pada layar ponsel, Seperti Refresh rate 60Hz, 90Hz dan 120Hz, Atau juga yang terbaru 144Hz.


Nah bagi kamu yang belum mengetahui sama sekali apa itu Refresh Rate, Dan apa juga fungsi dan kegunaannya bagi layar Smartphone yang sudah memiliki teknologi ini?, Berikut ini mari kita bahas apa itu Refresh Rate di bawah ini.

Berikut apa itu Refresh Rate?.


Pada dasarnya, Layar yang di tampilkan pada Smartphone anda tidaklah statis ( Kecuali dalam keadaan mati ), Dan sebenarnya selalui ada perubahan baik itu pada berupa konten ataupun jika nantinya ada semacam interaksi ( Pergerakan ).

Dan oleh sebab itu, Setiap Pixel pada layar Smartphone anda akan memiliki fungsi untuk memperbaharui hal tersebut, Maka dari itu hal inilah yang di sebut sebagai Refresh Rate.

Refresh Rate ini nantinya akan mengukur seberapa cepat Smartphone kamu bisa menampilkan perubahan pada layar ponsel anda, Ada yang 60Hz atau 60 kali per-detik, 90Hz atau juga 90 kali per detik dan juga 120Hz atau juga 120 kali per detik.

Maka semangkin cepat update yang diberikan, Hal itu bertanda anda akan mendapatkan latensi yang jauh lebih rendah, Karena Pixel lebih sering di segarkan.

Sebenarnya apa kelebihan dari layar Refresh Rate


Sebenarnya penjelasannya sudah ada pada poin pertam di atas, Jika semangkin cepat Refresh Rate yang anda terima, Maka anda akan mendapatkan latensi yang jauh lebih rendah dan itu bertanda bahwa konten dan berbagai gerakan ( interaksi ) Yang ada pada layar Smartphone kamu akan menjadi jauh lebih mulus.

Kemudian pada Smartphone Gaming, Maka anda akan mendapatkan sebuah repon yang sangat jauh lebih baik lagi, Hal ini disebabkan anda mendapatkan latensi yang lebih rendah, Plus gameplay yang jauh lebih halus.

Oleh sebab itu, Dengan frame rate yang tinggi, Maka Sebuah Smartphone membutuhkan Prosesor yang baik dan kuat, Karena dengan Refresh rate yang tinggi, Maka secara otomatis akan menguras baterai anda.

Dan hal ini akan memastikan kalau laju dari grafis mengikuti laju penyegaran tampilan tinggi yang memang sudah anda atur terlebih dahulu.

Pentingkah memakai Smartphone yang mempunyai Refresh Rate yang tinggi


Pengertian Refresh Rate Layar Smartphone, 60Hz, 90Hz dan 120Hz

Tapi tampaknya kamu belum perlu memiliki itu, ( Kamu cukup Fokus dengan Smartphone yang memiliki layar dengan ketajaman yang Baik, Dengan mengoreksi ( Profil ) Warna yang sesuai, Dan memiliki kecerahan layar yang baik dan terlihat jelas dibawah teriknya sinar matahari ).

Karena, fitur ini hanya mempunyai dampak yang kecil dalam pengunaan sehari-hari, dan terlebih lagi, Teknologi Refresh rate ini terlalu banyak mengkonsumsi baterai pada Smartphone Anda.

Tapi hal ini akan berbeda, Jika kamu seorang pecandu bermain Game pada Ponsel, Maka Teknologi Refresh Rate sangat kamu perlukan agar kamu bisa bergerak dengan leluasa dan di barengi dengan kontrol yang baik dan juga kamu akan mempunyai refleks yang jauh lebih baik lagi.

Bagaimana teman-teman, Sudah taukan Apa itu teknologi Refresh rate pada layar ponsel, Apakah anda masih berminat membeli Smarphone yang sudah memakai teknologi ini. Nah itulah penjelasan singkat mengenal apa itu Refresh Rate pada Layar ponsel.

Semoga apa yang saya sajikan bisa menambah wawasan kita, terhadapat teknologi yang sedang trend pada masa kini, Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel