Samsung Patenkan Smartphone Layar Quard Curved

Samsung Patenkan Smartphone Layar Quard Curve
Render Paten Layar Samsung

FaisalLintang - Perusahaan Teknologi Asal Korea Selatan Samsung memang selama ini dikenal sebagai pelopor teknologi masa kini, Sebelumnya diketahui Samsung telah mempelopori lahirnya Smartphone dengan teknologi layar lengkung, Yang mana teknolgi ini kemudian banyak di Adopsi oleh para Vendor Smartphone lainnya.


Bahkan untuk kedepannya lagi, Bukan tidak mungkin Samsung juga akan melahirkan teknologi-teknologi terbaru, Yang akan menjadi trend masa depan bagi teknologi Smartphone di masa yang akan datang.

Dan baru-baru ini juga, Pihak Samsung telah mengajukan paten teknologi terbaru, Teknologi yang di ajukan Samsung ini merupakan layar melengkung pada keempat sisinya, Atau juga di sebut dengan Quad Curve, Samsung mengajukan paten ini ke CNIPA ( Chinese National Intellectual Property Administration ) pada bulan juli 2019 yang lalu.

Kemudian paten ini diketahui juga baru saja di publikasikan ke publik pada tanggal 24 Maret 2020 kemarin, Dan telah masuk ke dalam database untuk desain di Organisasi Hak Kekayaan Intelektual Dunia ( WIPO ). kemudian dari desain yang di ajukan oleh Samsung ini juga diketahui telah terdaftar di Korea selatan.

Kalau dilihat dari beberapa perangkat yang sudah diluncurkan dari Samsung, Pada Perangkat Galaxy S10 Misalnya, Smartphone ini mempunyai layar yang melengkung pada sisi kiri dan kanannya, Sementara pada Paten Baru dari Samsung ini, Pada bagian sisi atas dan juga dibuat layar lengkung.

Lalu kalau kita perhatikan dari Gambar paten tersebut, Terlihat hanya ada sedikit frame samping yang begitu tipis, Selanjutnya pada bagian sisi atas dan sisi bawahnya, Maka nantinya Smartphone yang akan memakai teknologi ini seakan mempunyai layar yang penuh.

Samsung Patenkan Smartphone Layar Quard Curve
Via LetsGo Digital

Kemudian oleh Concept Creator yang juga bekerja sama dengan LetsGoDigital telah membuat rendernya, Yang mana dari render tersebut, Smartphone yang akan memakai teknologi ini akan tampil dengan layar yang hampir tidak mempunyai bezel sama sekali.

Dari Teknologi ini juga, Pihak Samsung sepertinya memang akan membuat Smartphone mereka akan mempunyai tampilan yang Full Screen, Oleh sebab itu juga, Kemungkinan pada kamera depannya tidak mungkin mengusung desain Pop-Up, Hal ini terjadi karena sudah jelas tidak ada ruang yang tersisa pada bagian atasnya.

Tapi ada kemungkinan juga, Pihak Samsung akan mengantinya dengan mengunakan Teknologi di bawah layar, Atau bisa dibilang juga dengan under Display Camera, Karena kemungkinan hanya inilah teknologi yang bisa disematkan pada Smartphone yang mengunakan layar Quad Curve.

Dari Bocoran render ini juga, Pihak Samsung kemungkinan akan menyematkan tombol, Modul Kamera, Dan ada Port USB Type-C, Memang sich dalam render tersebut tidak ada di tampilkan secara mendetail seperti apa nantinya.

Ada kemungkinan dengan mematenkan teknologi ini, Maka pihak Samsung sepertinya sedikit mengikuti Brand dari Smartphone lainnya yang telah mengunakan teknologi layar waterfall display.

Yang mana pada teknologi waterfall Display ini, Akan membuat layar akan bisa mencapai bagian pada sisi sampingnya dan layar melengkung dengan sudut hingga 90. Dan pada saat ini juga hanya Vivo Brand yang telah mengunakan layar Air terjun melalui perangkat mereka yaitu Vivo NEX 3.

Meskipun begitu, Sebenarnya pihak Samsung bukanlah yang pertama mengunakan teknologi layar Quad Curve, Karena Huawei diketahui telah merilis terlebih dahulu Smartphone yang mengunakan layar Quad Curve, Teknologi ini di sematkan pada perangkat terbaru mereka dengan Huawei P40 Pro.

Samsung Patenkan Smartphone Layar Quard Curve
Huawei P40 Pro, Smartphone pertama yang sudah mengunakan layar Quad Curve
Memang sama-sama kita ketahui, Sebelumnya Pihak Samsung sudah mematenkan desain layar dengan teknologi melengkung pada tahun lalu, tapi dengan bentuk fisik yang berbentuk bulat.

Meskipun pihak Samsung telah mematenkan teknologi ini, Bukan berarti mereka akan mengunakan teknologi pada Smartphone baru mereka, Sebab bisa saja pihak Samsung belum mengunakan layar Quad Curve pada perangkat baru mereka.

Sangat menarik ya jika pihak Samsung akan mencoba Teknologi ini pada perangkat terbaru mereka, Tapi kamu jangan terlalu berharap banyak dahulu ya, Karena bisa saja pihak Samsung belum melakukannya dalam waktu dekat ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel